Inilah Fitur Bagikan Status WhatsApp Terbaru yang Sedang di Uji Coba

Membagikan status WhatsApp ke instagram dan Facebook merupakan sebuah fitur baru yang sedang diuji coba oleh aplikasi pesan instan WhatsApp ini. The Verge menyatakan bahwa pengguna dari program beta WhatsApp dapat mencoba pilihan berbagi status ke aplikasi lainnya seperti facebook dan instagram. Pengguna selanjutnya akan dapat membagikan status tersebut secara langsung ke facebook story atau lainnya.

Status di WhatsApp merupakan fitur yang mirip dengan Instagram Story. Dimana para pengguna dapat mengunggah video singkat serta foto di status tersebut dan kemudian status tersebut akan hilang dalam 24 jam. Walaupun terdapat tautan langsung untuk dapat membagikan status tersebut ke Facebook, pihak dari WhatsApp menyebutkan bahwa tak akan melakukan apapun untuk menautkan pengguna dari kedua layanan.

Pihak WhatsApp menyatakan bahwa untuk menautkan status whatsApp dengan aplikasi lainnya mereka memakai APL berbagi data punya iOS dan Android. Dengan demikian, proses transfer data akan terjadi diantar apalikasi yang terdapat pada perangkat. Walaupun pengguna berbagi status ke Instagram, kedua unggahan tetap menjadi hal terpisah dalam siste Facebook. Dan antara keduanya tak akan dihubungkan.

Kehati-hatian WhatsApp

Selain hal diatas, WhatsApp menyebutkan tak terdapat opsi yang membuat status WhatsApp otomatis dibagikan ke jenis layanan lainnya. Pihaknya juga menyebutkan bahwa mereka menginginkan pengguna untuk dapat memutuskan sendiri apakah ingin berbagi status tersebut ke layanan lainnya. Dengan demikian, maka kenyamanan penggunaan aplikasi pesan instan ini pun terjamin.

Pihak WhatsApp sangat berhati-hati untuk membangun kesan yang baik mengenai data sharing dengan Facebook. Pasalnya saat Facebook melakukan akuisisi WhatsApp pada tahun 2014, pihaknya telah berjanji untuk tak membagikan data penggunannya ke Facebook. Pihak WhatsApp pun selalu meyakinkan bahwa mereka akan selalu berfungsi otonom dan independen. Namun hal tersebut berbeda saat ini.

Saat ini pihak WhatsApp akan mulai membagikan data pengguna dengan facebook. Sehingga sejak saat itu, pihak Facebook mendapatkan teguran yang berasal dari Prancis dan Jerman untuk dapat menghentikan praktik dalam membagi data tersebut. Selanjutnya pada tahun 2017, Facebook terkena sanksi berupa denda sebanyak USD 122 juta oleh Komisi Eropa karena memberi keterangan misleading berhubungan dengan berbagi akun tersebut.

Tetap Memiliki Resiko

Pihak dari WhatsApp sekali lagi memberikan tekanan bahwa fitur terbarunya yang sedang diuji cobakan tersebut tak akan melakukan praktik membagi data seperti yang sudah dilakukan pihak Facebook di masa lalu. Namun, seiring dengan pihak Facebook yang telah memperbolehkan pengguna dari ketiga layanan tersebut untuk saling berkirim pesan melalui satu backend.
Fitur yang terlihat tak berbahaya seperti ini, namun tetap memiliki resiko. Status WhatsApp pun sendiri telah diperkenalkan pada tahun 2017, dimana pada saat sekarang ini fitur tersebut sudah digunakan oleh kurang lebih 500 juta pengguna perharinya. Pada tahun 2020, diperkirakan fitur status tersebut akan menjadi cara utama aplikasi WhatsApp untuk menghadirkan iklan pada platformnya.

Itulah informasi terkait dengan WhatsApp yang mengusung fitur baru berupa membagikan status ke dalam layanan lainnya seperti Instagram, Facebook, dan aplikasi lainnya yang saat ini baru diuji cobakan. Menyenangkan bukan jika Anda langsung berbagi status ke WhatsApp dan aplikasi lainnya? Apakah Anda tak sabar untuk segera menggunakan fitur baru berbagi status WhatsApp tersebut ke aplikasi lainnya? Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda.